Friday, June 2, 2017

Melindungi Berat Tubuh Agar Ideal Saat Berpuasa

Melindungi Berat Tubuh Agar Ideal Saat Berpuasa


Melindungi Berat Tubuh Agar Ideal Saat Berpuasa - “Berbukalah dengan yang manis... ” Demikian kurang lebih sepintas iklan komersial yang akrab di telinga kita. Bagaimana ketentuannya?


Ya, konsumsi makanan atau minuman manis waktu berbuka puasa memanglah disarankan. Mengapa? Karna sesudah berpuasa sepanjang hari, kandungan gula darah selalu alami penurunan.

Di sore hari, bahkan juga kandungannya semakin anjlok.

Dampaknya, metabolisme badan melambat karena daya badan yang menyusut. Kandungan glukosa yang melorot ini kadang-kadang bikin kepala merasa kleyengan serta tubuh lemas.

Tersebut kenapa, kata Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc., MS., Sp. GK, spesialis gizi klinik dari FKUI, makanan atau minuman manis di saat berbuka diperlukan supaya kandungan glukosa kembali normal.

Alhasil, badan kembali tambah energi hingga Anda dapat melakukan kesibukan setelah itu dengan maksimal, baik itu salat tarawih dsb.

Tetapi bukanlah bermakna karna dianjurkan konsumsi yang manis-manis, jadi tidak ada ketentuan. Tetaplah ada prasyarat serta ketetapan berlaku yang perlu di perhatikan, yakni menu yang manis namun tidak memiliki kandungan banyak gula serta tetaplah menyehatkan.

Tidak disangkal, biasanya menu berbuka yang disajikan yaitu takjil seperti kolak serta yang lain yang notabene rasa-rasanya manis. Setelah itu, dilanjut minum air kelapa yang juga ditambah gula. Plus, ada pula yang ditambah meneguk teh manis. Hmm...

“Sebenarnya konsumsi takjil waktu berbuka sah-sah saja. Seandainya, tidak terlalu berlebih. Apabila sangat banyak terkandung gula automatis banyak kalori yang didapat. Terlebih apabila tidak disertai dengan kesibukan yang membakar kalori, janganlah heran selesai melakukan beribadah puasa satu bulan penuh malah berat tubuh bertambah. ”

Tentukan Buah serta Kurma

Jadi, hidangan manis apa yang dianjurkan saat berbuka? Intinya yaitu buah atau juice buah asli. Pasalnya, buah memiliki kandungan gula namun menyehatkan serta baik buat badan.

Buah paling utama karna padat kalori. Tentukan yang memiliki kandungan banyak serat, indeks glikemik rendah, menolong sistem pencernaan, tinggi vitamin C supaya sistem pencernaan yang maksimal.

Buah-buah yang kaya serat ada dalam buah kiwi, apel, pir, delima, pisang, serta strobery.

“Buah bisa dikonsumsi dengan cara segera atau di buat juice. Satu gelas juice buah begitu dianjurkan untuk menu manis berbuka. Juice buah dapat menukar gula pada badan yang pernah turun sepanjang sepanjang hari berpuasa. Namun ingat, janganlah ditambah gula lagi, ya! ”

Diluar itu, menu manis yang disarankan saat berbuka yaitu kurma. Mengapa? Karna kurma memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sekalian serat yang banyak.

Sekurang-kurangnya, dalam satu buah kurma terdapat 20 kalori, karbohidrat lima gr serta protein 0, 2 gr. Jadi kurma disebut begitu bagus untuk berbuka karena termasuk juga karbohidrat kompleks serta tidak menyebabkan kenaikan kandungan gula yang mencolok.

http://bit.ly/2rlcF2B

Mulai dengan Kudapan

Yang butuh di perhatikan juga waktu berbuka puasa yaitu baiknya tidak segera konsumsi makanan berat. Soalnya, badan perlu penyesuaian dengan makanan.

Sayangnya, karna telah menahan lapar sepanjang hari, orang banyak lupa diri hingga kalap makan apa sajakah yang tersaji di meja makan dengan sangat cepat.

perut dapat bergejolak karna mendadak di isi makanan yang banyak sesudah demikian jam lamanya kosong. Ini yang dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu.

Jadi baiknya saat berbuka isi perut dengan cara perlahan-lahan supaya sistem metabolisme serta pencernaan tetaplah baik. Baiknya makan paling utama dikonsumsi sesudah menunaikan salat.

Cermati Zat Gizi

Hal utama lain, waktu berbuka bukan sekedar memperhatikan makanan manis, namun juga yakinkan badan memperoleh semuanya keperluan zat gizi.

Artinya, makanan yang komplit memiliki kandungan karbohidrat, protein hewani serta nabati, lemak, sayur serta buah, dan minum memenuhi jumlah 1, 5–2 liter /hari.

“Prinsipnya, puasa yang sehat itu saat makan berbuka 60% terdiri atas makanan manis 15%, makanan komplit 30% dikerjakan sesudah salat magrib, makanan kecil 15% serta minum 5 gelas. ”

Demikianlah Berita Poker Online ” Melindungi Berat Tubuh Agar Ideal Saat Berpuasa ” yang Beritaindonesiaterbaru666.blogspot.com sampaikan semoga berita ini dapat bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment